Maryamah


kemarin, selasa 07022012 ada acara di tipi yang membuat nurani gue sebagai anak perempuan merasa terenyuh
kesan kata terenyuh lebay banget ya? tapi guys emang itu yang gue rasa!
mungkin ada diantara kalian yang udah liat acara ini di tipi, nama acaranya "Orang Pinggiran"
episode hari itu menceritakan gadis berusia 13 tahun bernama Maryamah
dia anak bungsu, yang sangat disayangkan keberuntungan jauh daripadanya
sepeninggalan ayahnya tiga tahun lalu, Maryamah jadi tulang punggung keluarga, karna ibunya yang sakit-sakitan
Maryamah tinggal bersama ibunya di gubuk berdinding bambu yang itu pun pemberian kerabat 
tapi yang bikin gue tambah salut sama bocah ini adalah dia juga membiayai makan empat keponakannya yang masih kecil-kecil
kakak-kakak Maryamah entah dimana rimbanya, mereka hanya bisa menambahkan beban di kehidupan adiknya, menjadikan anak-anak mereka sebagai tanggung jawab Maryamah
Maryamah menghidupi keluarganya dengan mencari lokan, lokan adalah sejenis kerang
sebelum sampai di tempat ia mencari lokan, ia harus berjalan sejauh 4 km melewati jalan becek tanpa alas kaki, tanpa bekal, tanpa uang sepeser pun
miris ! miris saat gue menyaksikan gimana Maryamah mencari lokan dari tipi, bener-bener ciptaan Tuhan yang hebat, sabar luar biasa !
bahkan dicurhatnya sedikit pada kru acara itu dia pernah dipatuk ular saat mencari lokan, dan tanpa mengenal kapok tetap melakukan pekerjaan itu katanya "ya mau gimana lagi, aku bisa tahan lapar, tapi apa mereka bisa seperti aku menahan lapar?"

gue jadi mikir kapan yah giliran Maryamah bisa duduk sejenak, adakah dia mengenal apa itu hari libur, apa itu kekenyangan, apa itu bangku sekolah
gue gak bisa membantu dia, tapi justru dia yang bisa berikan sesuatu untuk gue simpulkan
sejelek apapun situasi dan kondisi gue, gue musti survive
perekonomian emang syarat semuanya, kehidupan perekonomian keluarga gue yang jatuh setahunan ini harus membuat gue kuat, semangat
gue gak boleh kalah sama bocah 13 tahun ini, gue ga boleh kalah sama Maryamah !
terimakasih teman kecilku...