3B (Batak Bikin Bangga)


PATRICIA ALVANI GULTOM
Sebagian orang kalo membaca nama lengkap gue, pasti langsung nebak gue ini orang batak.
Ya itu keliatan dari nama marga GULTOM yang jadi nama belakang gue dan bener gue ini orang batak.
Gue keturunan batak asli, orangtua emang sama-sama bersuku batak lebih tepatnya batak toba.
Mungkin sudah tahu ya kalau di batak marga itu diturunkan dari Ayah, yap bokap emang marga Gultom sedangkan nyokap gue boru Sitanggang.

Jujur... gue gak terlalu mengerti terlalu jauh adat batak. Untuk bisa berbahasa batak aja gue harus banyak belajar dulu supaya bisa dan lancar menggunakannya.
Maklum saja gue terlahir di tanah rantau orangtua gue, Metro - Lampung. Kalau asal alias kampung halaman orangtua gue sih di Pulau Samosir.
Walaupun begitu tetap saja rasa bangga menjadi bagian dari suku Batak lahir dari dalam diri gue.
Mungkin kebanyakan orang di luar sana menilai orang batak berperawakan keras atau kasar, itu sih gak ada beda dari menilai buku dari sampul. 
Tapi yang terjadi, kebiasaan keluarga yg menjunjung tinggi adat dan kekeluargaan membuat gue bangga menjadi salah satu dari suku Batak. Lebih asyiknya lagi, semenjak gue jauh dari orangtua alias merantau ketemu orang batak tuh kaya ketemu keluarga baru bukan temen baru lagi. Gue sih bukan tipe orang yang berteman berdasarkan ras, bisa dibilang kebetulan temen-temen deket gue sekarang kebanyakan ya bersuku batak. Walaupun kebanyakan mereka hampir sama kaya gue keturunan batak yg sering disebut "Batak Dalle". Jadi batak dalle itu sebutan untuk keturunan batak yg tidak bisa berbahasa batak karena tinggal diperantauan atau daerah yg tidak didominasi suku batak.

Gue sih gak terlalu pengen membangga-banggakan batak di entri ini takut dikira rasis. Bhineka Tunggal Ika masih jadi prinsip gue juga kok hahaha. 

Bicara soal sejarah marga gue, yaitu Gultom gue bisa sedikit share link nih.
http://sirajasonang.wordpress.com/2009/09/11/toga-gultom-dan-penyebarannya/
Link lain yg boleh juga nih readers samperin (masih berbau batak ya)
Terakhir link ini paling direkomendasi buat yg kepengen punya jodoh orang batak hahaha

Akhir kata dari entri ini, HORASSS !!!