PERJUANGAN MELAWAN MENSTRUASI




Udah lima tahunan ini gue berjuang ngelawan sakit saat menstruasi (dismenore)
Ini sih bukan masalah biasa lagi buat hidup gue, walaupun sehari dua hari dalam sebulan gue ngerasain sakitnya.
Tapi sakitnya ini beda, dhasyat!
Sekalipun gue udah memperbanyak wawasan kenapa sakit saat menstruasi bisa terjadi, gue belum juga bisa bertoleransi ketika datang bulan dan gue harus ngerasa kesakitan.
Mungkin kebanyakan cewek mengalaminya, tapi sedikit berbagi kesedihan... gue hampir tiap bulan ngalaminnya.
Yang gak enaknya, gejala kram di perut itu nyampe diikutin diare sama muntah-muntah. Sedih kan kebayang deh lemesnyaaa !
Belum gue harus berguling-guling karena nahan sakitnya, enak kalo bisa tidur nah ini sangkin sakit jadi gak bisa tidur !
Pernah kejadian sangkin sakitnya si perut, gue pingsan di sekolah waktu itu kelas 2 SMA.
Bayangin aja semua temen-temen kaget bisa-bisanya gue pingsan, secara anak paling jarang keliatan lemes di sekolah.
Ngomong-ngomong itu sejarahnya gue pingsan untuk pertama kalinya !

Belum lagi kalo lagi menstruasi bawaan hati dan pikiran jadi rada susah dikontrol.
Kalo ada yang nilai itu mitos, itu nyata loh. Kebanyakan cewe yg gue kenal mengalaminya juga kok.
Bisa dibilang saat menstruasi perasaan jadi lebih sensitip, gak tahu deh hal ini bisa dijelasin secara medis atau enggak.
Sebagai contoh, bawaan gue kalo lagi sakit-sakitnya paling gak bisa ada orang lain di sekitar gue.
Bawaannya pengen ngamuk-ngamuk sama orang di sekitar gue, atau sekedar cari-cari perhatian biar mereka tahu gue nih kesakitan. Oh please!
Lucunya gue bisa tiba-tiba kangen mantan yg biasanya sok care kalo gue lagi mens, padahal terhitung jarang gue kepikiran doi. 
Atau yg biasanya gue pengen banget nih dihubungin/ketemu sama gebetan, mendadak males maksimal berhubungan sama doi. Padahal hampir tiap hari bawaannya mikirin kapan punya momen sama si doi.

Dan hal kecil yg bisa gue bagiin di entri ini...
Buat cewe-cewe yg ngebaca dan kebetulan ngalamin hal mirip sama gue, ada sedikit tips buat kalian.
Kalau udah terlanjur sakit kurangin deh ngonsumsi obat, karna kebanyakan obat apalagi pemakaian dosis jangka panjang bisa berefek negatif buat kesehatan.
Banyakin aja minum air hangat, terus pasang posisi kaki lebih tinggi dari perut kalo lagi kesakitan.
Kalo nyampe ngerasa mual atau muntah-muntah kaya yg gue alamin jangan jadi kapok makan ya, minimal ngemil yg sering jangan sampe lemes loh !
Nah kalo soal perasaan yg lagi sensitip ketika menstruasi, jujur gue belum ada solusi tepat.
Ya minimal kurangin berpikiran negatif sama suatu hal, fokus aja dulu sama sakit perut yg dialamin dan pikirin gimana caranya biar sembuh atau berkurang sakitnya.

Yang ini tips buat cowo-cowo sebagai salah satu pihak yg heran atau korban PMSnya cewe...
Saran gue gak banyak, kalian hanya perlu memaklumi.
Terkadang kalian cukup memberi perhatian dan jangan nambahin pikiran mereka.
Thats all.

Finally, gue cuma bisa berharap suatu hari kesakitan ini gak perlu gue alamin lagi.
Ada yg bilang kalau udah masuk usia 20tahunan bakalan gak sakit lagi ketika menstruasi, ada yang bilang setelah melakukan seks pertama gak akan sakit lagi, terakhir gue baca setelah melahirkan bayi pertama gak akan sakit lagi.
Yah, kapan pun itu gue tunggu :')